Bahaya aplikasi YouTube Vanced buat HP lo guys

Foto dari Twitter

Zylvechia - Belakangan lagi rame ya orang orang atau bahasa ilmiahnya Manusia pada ngomongin YouTube Vanced, padahal YT Vanced emang udah lama ada dan dipakai banyak orang. Mungkin timingnya pas karena ada peluncuran YouTube Premium dan YouTube Music di Indonesia.

Para manusia ini dengan bangga memamerkan aplikasi YouTube Vanced mereka yang didownload lewat website resminya. Apalagi sekarang YT Vanced udah support hape yang nggak diroot jadi makin gampang pakenya.

Tapi tau nggak bro kalau YouTube Vanced itu bisa aja bahaya buat smartphone lo dan data lo bro.

Pertama, kita nggak tau gimana mereka bikinnya, disisipkan script apa di dalamnya. Karena kita yang cuma penikmat asal install aja begitu app minta akses langsung diizinkan otomatis buat akses segala macem, mereka pasti udah nulis itu semua di Terms of Service atau Privacy Policy, kebijakan privasi tiap aplikasi dan perusahaan itu ada dan berbeda.

Alih-alih nginstall YouTube Vanced demi ngilangin iklan di video YouTube eh malah hapenya diserang iklan bejibun di homescreen, di aplikasi bawaan dan lain-lain. Kena serang malware dan adware, atau ada penyusup script aplikasi yang nyamar jadi app bawaan.

Cuma ngasih tau aja sih, karena yang ada di Play Store aja kadang Google masih keteledoran, kebobolan buat verifikasi keamanannya, apalagi yang diinstall lewat situs pihak ketiga dan nggak ada fitur pemindai virusnya hehe.

Terus gue harus gimana bro? Ya kalau nggak mau langganan YouTube Premium, gw saranin pakai YouTube original aja sih bro. Selain lebih aman, juga bisa dukung paea kreator konten.

Ya lo bayangin aja dengan menjamurnya YouTubevanced para kreator jadi malas bikin konten, kalo banyak yang begitu ya lama-lama YouTube ini jadi platform terbengkalai. Karena gue ngerasain susahnya bikin konten, editing juga, semua makan tenaga, waktu, materi dan pikiran banyak.. jadi minimal kita hargai usaha mereka dengan pakai yang legal-legal aja.

Saran buat YouTuber juga jangan terlalu ladenin orang yang komen-komen YouTube Vanced, ini kesannya malah jadi bikin aplikasi itu makin kedengeran namanya. Diemin aja lah jangan kepancing.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara download buku Bincang Akhlak Jek Twitter PDF eBook

FF Aurel Mayori JKT48 Fanfict Terbaik (Fanfic Yori)

[FF] Yessica Tamara JKT48 Fanfic Terbaik (Fanfict Chika)